Rabu, 05 Agustus 2015

Setting Karbu Vakum Satria FU

Karbu vakum berbeda dari karbu konvesional karena karbu vakum memanfaatkan kevakuman untuk bisa mengangkat skep. Dan pada karbu vakum umumnya tidak terdapat setelan angin angin (air screw) seperti umumnya karbu konvesional. Karena setelan yang ada sudah berupa setelan seberapa banyak atau sedikit semburan campuran yang sudah berupa bensin+angin dan berperan saat langsam.
Menutup (ke kanan) berarti mengurangi/kering, membuka (ke kiri) berarti menambah/memboroskan.
Makanya pabrikan sudah menentukan patokan setelan (iddle mixture) yang pas agar motor bisa langsam enak, untuk karbu Satria Fu patokan setelan standar 2,5 putaran (toleran 2-3 putaran)

(SSFC#1178)

Untuk mencari langsam pada karbu vakum peran pilot jet dan sedikit sentuhan iddle mixture sangat penting.

Saat mengatur iddle mixture sebaiknya distel di 3 putaran, jika langsam kurang enak tinggal ditutup ke kiri sedikit demi sedikit sampai didapat langsam dan gasan yang enak.

Bisa jga diliat dari tachometer (rpm), saat setelan ditutup, cari setelan dimana disaat rpm tepat sebelum turun (tapi ingat, tetap berkisar dipatokan 2-3 putaran)


Untuk patokan angka pilot jet yg pas, bisa diliat dari warna kepala busi.
Untuk Mainjet bisa dibaca dari gejala motor di rpm atas/bisa diliat dr warna elektroda busi (lingkaran dalam busi).

Putih/abu abu berarti kering (minta naik).
Hitam berarti basah (minta turun)
Coklat/merah bata (pas)

#SSFC 1178

55 komentar:

  1. Satu putaran itu 180 drajat... Apa 360 drajat mkstya. Aga bigung dsitu

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. satu putaran itu 360°, kalau 180°=setengah putaran

    BalasHapus
  4. Gan, maksudnya setelan standar 2.5 putaran itu dari posisi airsrewnya mentok? Berarti diputar kekiri sebanyak 2.5 putaran gitu?

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Permisi gร n saya ingin bertanya, saya punya satria fu dengan ubahan porting ,lepas packin head , knalpot free flow dan busi dan koil nya sudah saya ganti pula.nah yang ingin saya tanyakan Putaran atas motor saya agak kurang bertenaga berarti apakah saya perlu mengganti main jetnya gan kira" ukur berapa kan std nya 110 mungkin naik 5step apa 21/2step dulu gan?

    BalasHapus
  7. Gan mau nanya??? Oli yg cocok buatt motor satria fu. Biar mesin gk cepet panass. Olii sekarang yg saya gunakan enduro racing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Motul 5100 gan bagus tp mahal bs 3:1 gan dr hrga enduro

      Hapus
    2. pakai Bm1 atau self advance klw enduro buat balap

      Hapus
    3. Coba pakai pederal racing gan oli ini juga di permulasikan untuk motor dengan kapasitas 150 dan sangat cocok untuk motor yg berakselarasi tinggi

      Hapus
  8. Gan mau nanya??? Oli yg cocok buatt motor satria fu. Biar mesin gk cepet panass. Olii sekarang yg saya gunakan enduro racing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti filter oli, check pompa oli dan bersihkan oil cooler gan.

      Hapus
  9. Enduro rancing itu dah cocok klo buat satria .klo msalah msin cpt pnas mh itu umum.tergantung pemakaian.semakin kenceng motor semakin optimal juga krja SACS nya .semakin pelan semakin panas krna udara yg di dapt SACS kurang optimal .klo berkendara di daerah perkotaan yg umumnya macet..dikit stop dikit go .gue saranin sih tambahin aksesoris pada SACS nya..contoh penambahan kipas itu akn membuat suhu oli akan setabil meskipun mtr dlm keadaan berhenti.

    BalasHapus
  10. Enduro rancing itu dah cocok klo buat satria .klo msalah msin cpt pnas mh itu umum.tergantung pemakaian.semakin kenceng motor semakin optimal juga krja SACS nya .semakin pelan semakin panas krna udara yg di dapt SACS kurang optimal .klo berkendara di daerah perkotaan yg umumnya macet..dikit stop dikit go .gue saranin sih tambahin aksesoris pada SACS nya..contoh penambahan kipas itu akn membuat suhu oli akan setabil meskipun mtr dlm keadaan berhenti.

    BalasHapus
  11. Gan satria karbu bisa di irit kan dari karbunya gan? Kalau bisa efek ya apa gan selain lambat?

    BalasHapus
  12. salam kenal ssfc #1178, sya joe #2724 kalau pj mj diganti sebaiknya ukuran berapa ya mas,
    soal.a ketiga motor saya gas lngsamnya lambat naik, kalau itu karna apa ya mas, mohon bimbingannya

    BalasHapus
  13. Salam om,setiap motor ane di dinginkan,lalu di nyalain lagi bensin seperti ga turun kenapa ya ??tapi kalau udah jalan enak
    Ini terjadi setelah ane servis karbu

    BalasHapus
  14. Gan mau tanya cara mengatasi skep yg tidak bisa naik ke atas sehingga Motor saya tidak bisa berlari kencang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya tutup posisi karet vakum kurang pas atau penutup karet vakum kurang rapat

      Hapus
  15. Gan mau tanya motor fu w kurang langsam naik/turun gitu...suka mati2 klo udh di jalanin...trus klo semaleman gak di pakai susah di nyalain..penyebabnya ap y???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek pengapian, (Spul, busi, pluyer, koprok) klw komponen itu bagus, berarti permasalahan@ di karbu(biasanya klw karbu standar/vakum emang sering bermasalah) solusinya ganti karbu pe aja. Fu sya setelah ganti karbu pe28 remet ,hilang semua permasalahan seperti mati kehujanan ,susah hidup pagi, alhamdulillah semuanya teratasi setelah ganti karbu

      Hapus
    2. Kran minyak nya udh tak bagus. Karbu nya banjir tuh, jd pagi susah di idupin

      Hapus
  16. Gan misi saya mau tanya nih. Motor saya kan settingan karburatornya acak2an abis dipake temen, nah pas saya pake itu kadang suka nge-gas sendiri(tiba-tiba) itu apanya yg salah yaa gan, dan mohon solusinya. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Settingan anginnya tu bro

      Hapus
    2. Setingan angin nya gak ngaruh gmna gan?

      Hapus
    3. Mungkin kabel choke setang sebelah kiri tuh bermasalah

      Hapus
  17. Apa harus ganti piston karbu biar stabil stasioner??punyaku sudah gores

    BalasHapus
  18. mau nanya dong para suhu...klo karbu std fu pake pj 15 dan mj 110 settingan yang enak gmna yaa?punya sya kok langsam nya berubah ubah yaa,kadang gede kadang matii.kira kira kenapa yaa?
    terus untuk putaran atasnya kurang bertenaga

    BalasHapus
  19. Numpang tanya juga lah suhu kereta saya kalau pake karbu vacum MJ pj nya std sesuai dengan bawaan pabrik kenapa di rpm tinggi kok brebet gitu ya suhu? Apa solusi nya, Uda saya naikan ukuran di pj nya malah di putaran bawahnya brebet

    BalasHapus
  20. Numpang tanya, Satria saya kalo udah mesin panas suka brebet mau mati itu knapa ya.

    BalasHapus
  21. Punya saya di cabut 2 paking head trus udh portingan tapi kok ngempos ya knapa itu gan

    BalasHapus
  22. bang ni kan filter udara satria f ane copot, trus setingnya apa juga tetep 3 putaran

    BalasHapus
  23. Gan yang di maksud kabel vakum itu apa ya,,

    BalasHapus
  24. Mari bergabung bersama kami sekarang di WDQQ . ONLINE
    Disini mudah menang lohh say..
    Tersedia 8 Games dalam 1 id
    Minimal Depo & WD hanya 50 ribu saja
    Ada bonus menarik lain yang menunggu di WDQQ . ONLINE
    Contact :
    BBM : D8B8BD43
    Line : wedeqq
    WhatsApp : +855-882-626-517 ( 24 jam Online )
    Tunggu apa lagi sayy
    Ayoo daftar di WDQQ . ONLINE

    BalasHapus
  25. Gan mo tanya..satria fu sya standar thn 2015 masalahnya klo di bawa kenceng ada bunyi tembakan di knalpot itu knp ya?

    BalasHapus
  26. Gan mau tanya, karbu ny udah sering d setel tp knpa ya kok bensin nya boros banget.
    Kalau bleh tau apa ya kendala nya
    Mhon bantuan nya gan !!!

    BalasHapus
  27. Letak idle screw itu di mana mas,apa yg Deket sama gas?

    BalasHapus
  28. Mau tanya min. Skep karbu saya gak mau naik, nyala tp klo digas diki mati trs??

    BalasHapus
    Balasan
    1. vakum nya bocor.. bisa jadi,boss atau sebelum pasang di tekan naik turun vkum nya.. untuk memastikan tidak lengket..
      atau cek membran minyak biasanya bocor gak mau slow tuh gasss poll trus

      Hapus
  29. kalau susah hidup akibat du kutak atik di karburator bisa nyesal๐Ÿ˜
    pas pasang lelet
    kalau mau mtor nya laju pake karbu vakum..
    bagian atas piston vakum di buang tonjolan pake amplas sampai rata..
    kalau udah rata.. per skep nya potong seukuran pist itu..
    nah karet vakum nya ikat tuh pake benang biar gk bocor trus turun nya cepat naik nya gampang karena per nya tadi udah lemah.. tinggal pasang tarikan lebih beda dari awal nya lebih bringasss

    BalasHapus
  30. Mas saya mau tanya, satria saya kecepatan tinggi di rem knalpot meletus. Sudah saya ganti busi, bersihin karbu,karet vakum masih lentur dan tidak sobek, tutup AIS. Masih meletus keras itu apanya ya ? Apa perlu ganti ke pe 28 ? Mohon bantuannya terima kasih ๐Ÿ™๐Ÿ™

    BalasHapus
  31. Gan saya Mau tanya
    Ganti Pj mj yg pas Biar kencang berapa?
    Buat Karbu fu Ori,Sama putarannya hrus brp?

    BalasHapus
  32. Gan bisa kita memotong pers vakum satria fu ,,apa ngaruh nya kalau kita potong
    Mohon di balas ya penting ini ya

    BalasHapus
  33. Mau tanya dong mas. Klau pilot jet nya sudh di ganti 17,5. Putaran lmsang nya brpa..??

    BalasHapus
  34. Mau nanya bang ,knp motor satria fu ,ktika putaran atas brebet tpi klonya ,uper gigi 1/2 gak brebet

    BalasHapus
  35. Mau tanya bang Fu sya kalo di nanjak dikt Kya berat dan ada bunyi korek krek itu apya,mohon penjelasanya ,๐Ÿ™

    BalasHapus